Kata Pengantar
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunianya kami dapat melakukan riset,
menganalisa dan menyusun strategi ke dalam sebuah makalah yang bertemakan sebuah event “Java Jazz 2009 “.
Tujuan utama dari penyusunan makalah ini adalah sebagai salah satu syarat untuk memperoleh nilai tugas Media
and Entertainment yang dibawa oleh Bapak John Badalu, selaku dosen dalam mata kuliah Media and Entertainment
di London School of Public Relations.
Tidak dipungkiri bahwa dalam menyelesaikan makalah ini, kami selalu disertai dalam doa, bimbingan dan panduan
dari sumber, seperti: www.javajazzfestival.com/2009 dan mesin pencari Google.
Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak – pihak yang turut berpartisipasi dalam menyelesaikan penyusunan makalah ini.
Karena keterbatasan pengetahuan yang kami miliki, kami mohon dimaklumi apabila terdapat kekurangan – kekurangan
dalam penyusunan makalah ini.
Akhir kata, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi penyempurnaan makalah ini di kemudian hari.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.
Jakarta, 6 Mei 2009
Tim Penulis
BAB I
KONSEP JAVA JAZZ 2009
KONSEP JAVA JAZZ 2009
Pada event java jazz kali ini, kami selaku manager operasional dari java jazz event memilih konsep empat musim
dan akan menampilkan ciri khas dari beberapa negara di setiap ruangan yang berbeda. Kami memilih konsep tersebut
karena kami ingin membawa suasana yang berbeda untuk java jazz kali ini bagi pengunjung yang datang.
Dimana kami akan memberikan konsep baru pada plenary hall yang akan kami bagi langsung menjadi empat bagian musim
yang ada di dunia. Keempat musim di sini mencakupi musim semi ( spring ), musim panas ( summer ), musim gugur ( autumn ),
dan musim dingin ( winter ). Selain itu, kami juga membuat inovasi dengan membuat penonton yang ada disekeliling panggung
akan kami putar dengan cara panggung penonton diputarkan sehingga semua penonton yang ada di sekeliling panggung
dapat merasakan keempat musim yang ada dengan mengalami perubahan suasana dan dekorasi.
Untuk tujuh ruangan lainnya, kami menghadirkan tujuh nuasana dan ciri khas dari beberapa negara seperti, Jepang, Perancis,
Belanda, Indonesia, Amerika (New York), Thailand, dan Afrika. Kami akan menghadirkan suasana dan juga dengan dekorasi
yang sama seperti dengan negara tersebut.
Selain itu kami juga membuat patung yang terbuat dari lilin yang kami bentuk mirip seperti aslinya khusus untuk artist
special performance yaitu Jason Mraz dan Coldplay. Sehingga para penonron dapat berfoto dengan patung tersebut.
BAB II
ARTIST AND PERFORMANCE
ARTIST AND PERFORMANCE
* INTERNATIONAL ARTIST:
1. Soil & Pimp
2. Chielli Minucci
3. Diane Reeves
4. Peabo Bryson
5. Gary Anthony
6. Roy Ayers
7. Dwight Sills
8. Eric Darius
9. Lala
10. Simon Phillips
11. Brian McKnight
12. Matt Bianco
13. Bobby Lyle
14. Chuck Loeb
15. Eliane Ellias
16. Laura Fygi
17. New York Voices
18. Michael Buble
19. Jason Mraz
20. Coldplay
* INDONESIAN ARTIST :
1. Gleen Fredly
2. DJ Barbara & Milinka
3. Benny Likumahuwa
4. Barry Likumahuwa
5. Ello
6. Groovie feat Ari
7. RAN
8. 21 St Night
9. Dwiki Darmawan
10. Ecoutez
11. Soulvibe
12. The Voices
13. Elfa Secoria’s
14. Cindy Bernadette
15. Drew
16. D’cinnamons
17. Vidi Aldiano
18. New Breeze
19. Kla Project
20. Aditya
21. Afgan
22. Tohpati
23. Dewa Bujana
24. Tompi
25. Maliq n ‘ d essential
BAB III
FASILITAS DAN SARANA JAVA JAZZ 2009
FASILITAS DAN SARANA JAVA JAZZ 2009
1.Sound System
2.Lighting System
3.LED Screen
4.LCD Projector
5.Laser System
6.TV Plasma
7.Digital Foto Camera
8.Digital Video Camera / Video Shooting
9.LED System ( LED TUBE)
10.DJ Equipment
11.Band Equipment
12.Fireworks
13.Rigging
14.Genset
15.Tenda
16.Bus
17.VIP Toilet
18.Air Conditioner
19.Sky Decoration
20.Helikopter
21.Meja dan kursi
22.Booth
23.Limosine
24. BMW Z3
BAB IV
BUDGET JAVA JAZZ 2009
BUDGET JAVA JAZZ 2009
RINCIAN BUDGET
A. Artist and Performance
1. Special Performance
* Jason Mraz : Rp 500.000.000,-
* Coldplay : Rp 500.000.000,-
+
: Rp 1.000.000.000,-
2. Artist International
* 18 artist : @200 juta x 18 orang : Rp 3.600.000.000,-
3. Artist Natinal or Local
* 25 artist : @ 50 JUTA x 25 orang : Rp 1.250.000.000,-
+
TOTAL BIAYA ALL ARTIST : Rp 5.850.000.000,-
B. Transportasi
1. Tiket Pesawat
*. Japan – Indonesia :@ Rp 13.951.529 x 10 orang : Rp 139.515.290,-
*. Singapore – Indonesia: @ Rp 3.321.200 x 5 orang : Rp 16.606.000,-
*. New York – Indonesia : @ Rp 15.057.227 x 50 orang : Rp 752.861.390,-
*. Los Angles- Indonesia : @ Rp 14.796.251 x 50 orang : Rp 739.812.550,-
*. Surabaya – Jakarta : @ Rp 592.800 x 10 orang : Rp 5.928.000,-
+
TOTAL BIAYA TIKET PESAWAT : Rp 1.654.723.230,-
2 . Sewa Bus ( Big bird ) untuk panitia + crew
* Rp. 10.000.000 x 40 buah x 4 hari : Rp 1.600.000.000,-
3. Sewa Limosine untuk artist special performance
* Rp. 4.000.000 ( per jam ) x 2 buah x 2 hari : Rp 384.000.000,-
4. Sewa BMW Z3 untuk artis international
*Rp. 2.000.000 ( per jam ) x 18 buah x 4 hari : Rp 144.000.000,-
5. Biaya Transportasi lokal ( BBM, tol )
* Rp. 1.000.000 x 60x 4 buah : Rp 240.000.000,-
+
TOTAL BIAYA TRANSPORTASI : Rp. 4.022.723.230,-
C. Akomodasi (Hotel The Sultan)
1 . Artist Special Perform
* Rp 3.300.000 x 6 kamar x 3 malam : Rp 59.400.000,-
2 . Artist International (20 orang)
* 8 artist (+@ 3crew)= Rp 2.640.000 x 24 kamar x 4 malam : Rp 254.440.000,-
* 16 artist(+ @ 3crew)=Rp 2.640.000 x 64 kamar x 3 malam : Rp 506.880.000,-
3. Semua panitia (1000)
* Rp 2.090.000 x 250 kamar x 5 malam : Rp 2.612.500.000,-
4 . Panitia Inti (500 orang)
* Rp 2.310.000 x 125 kamar x 5 malam :Rp 1. 443.750.000,-
+
TOTAL BIAYA AKOMODASI :Rp 4.876.970.000,-
D. Konsumsi
1. All Artist International
* Rp. 1.000.000 (3x makan) x 4hari x 20 artis : Rp 80.000.000,-
2. All Artist National or Local
* Rp. 500.000 (3x makan) x 2 hari x 25 artis : Rp 25.000.000,-
3. Semua Panitia + Panitia Inti( 1500 )
* Rp. 50.000 x 3 kali x 5 hari x 1600 box : Rp. 1.200.000.000,-
+
TOTAL BIAYA KONSUMSI Rp. 1.305.000.000,-
E. SPONSORSHIP
DJARUM BLACK ? Uang ? Rp. 45.000.000.000,-
Honda ? Mobil ? Rp. 265.000.000,-
BNI bank ? Biaya Advertising
AXIS ? Promo Nomor AXIS
INDOVISION ? Advertising
GARUDA INDONESIA ? Tiket Penerbangan
AIG ? Asuransi
SONY ? Promo Barang SONY
TOTAL PEMASUKAN : Rp 173.200.000.000,-
TOTAL PENGELUARAN : Rp 123.159.732.553 ,-
-
SISA DARI MODAL : Rp 50.040.267.500,-
Sisa dari modal akan dipergunakan untuk charity yang disumbangkan kepada PANTI ASUHAN “SEIA SEKATA”, Jakarta Timur ; “BUDI PEKERTI”, Jakarta Barat. ; “SANTO VINCENTIUS”, Jakarta Pusat
BAB V
STRATEGI MEDIA DALAM JAVA JAZZ 2009
STRATEGI MEDIA DALAM JAVA JAZZ 2009
Media Elektronik
- Televisi : Menayangkan iklan 5x dalam sehari selama 2minggu
- Radio : Mempromosikan dalam 10x dalam sehari selama 2 minggu
- Internet : Melakukan promosi selama 2bulan sebelum event
Media Cetak
- Majalah : Dipromosikan selama 1bulan (pada majalah yang beredar 1bulan sebelum event)
- Tabloid : Dipromosikan selama 2x dalam 1bulan sebelum event
- Koran : Dipromosikan 1 bulan sebelum event
- Spanduk, flyer, poster, brosur, pamflet, baliho, billboard : Dipasarkan pada 3minggu sebelum event
H-1 Publikasi dengan menggunakan spanduk yang digantungkan di helikopter dengan tujuan agar event Java Jazz lebih terpublikasikan dibandingkan dengan menggunakan media promosi yang lainnya.
BAB VI
DIVISI ATAU SUB PANITIA JAVA JAZZ 2009
DIVISI ATAU SUB PANITIA JAVA JAZZ 2009
Organization
1. Key Executives :
- Founder and Chairman (2 orang)
- Program & Artistic Director (5 orang)
- Production & Marketing Director (5 orang)
- Finance & Administration Director (5 orang)
2. Program & Artists Relations (10 orang)
3. Visual Communication Design (10 orang)
4. Multimedia & Information Technology (10 orang)
5. Marketing & Promotions (175 orang)
6. Finance, Accounting and General Affairs (175 orang)
7. Merchandise, Food & Beverage (250 orang)
8. Government Affairs (20 orang)
9. Security committee (200 orang)
10. Transportation committee (33 orang)
11. Documentation committee (50 orang)
12. Medical (50 orang)
13. Volunteer (500 orang)
Total semua panitia = 1500 orang
BAB VII
FLOOR PLAN JAVA JAZZ 2009
FLOOR PLAN JAVA JAZZ 2009

BAB VIII
DESIGN TICKET, BILLBOARD & POSTER
DESIGN TICKET, BILLBOARD & POSTER
For 1 Day Ticket

For COLDPLAY Ticket

For Jason Mraz Ticket

Billboard

Poster Java Jazz 2009

Poster Jason Mraz

Poster Coldplay

BAB IX
DESIGN SOUVENIR
DESIGN SOUVENIR
Jam Glow in the Dark

Kaos Java Jazz

MUG

Tali Handphone
Sponsor
Djarum Black, Honda, BNI 46, AXIS, Indovision, Garuda Indonesia, AIG, SONY.
Partners
a. Magazine & Newspaper Partners
trax, FHM, spice, cosmopolitan, cosmogirl, Esquire, ELLE, garuda, dll.
b. Radio Partners
Hardrock, traxfm, oz, kiss, RRI, dll.
c. TV Partners
katv, Qtv,airporteve, RCTI, MNC, dll.
d. Online Partners
rileks.com, SWA, Jazznality, kompas.com, detik.com, okezone.com, jakartaconcert.com, dll.
e. Official Transportations
evaair, indomobil, bluebird, KLM, Emirates.
f. Stage, Sound & Lighting system
yamaha, melodia, sumber ria, roland, KORG, saban, DSS, dll.
g. Multimedia and Information Technology
netZAP, MAX, facebook.
h. Embassy & Cultural Support
i. Other Partners
shark, sultan hotel, ak'sa.ra, blitzmegaplex, Rolingstone, dll.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar